Microsoft Excel
4:26:00 PM
Definisi
Microsoft Excel
Microsoft
excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung,
memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak
bersinggungan dengan metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat
dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian,
maupun dalam pembuatan makalah pribadi.
Fungsi
Microsoft Excel
1. Kalkulasi,
dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan
mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat
kompleks.
2. Grafik,
dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik
yang komunikatif.
3. Komunikasi,
dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user)
lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam
bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal
(komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar
kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu
saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang
lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik
sekali.
5. Otomatis,
dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita
ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan
perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi,
Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan
fasilitas macro.
2.2
Cara Menggunakan Microsoft Excel
A. Menu dan icon pada Microsoft Excel

Gambar
1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
1. Judul
Menampilkan
judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office
Button
Berisi
barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses
Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan
sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi
dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan
deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila
kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut.
Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar
Kerja (Workbook)
Baris
ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol
pengendali.
7. Cell
Cell
Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar
aktif
9. Nama
Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor
Baris
13. Nomor
Kolom
B. Membuat
dokumen pengolah angka
Dari
contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di
excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut
adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :

Gambar
2. Pengisian Daftar Nilai Siswa
C. Penerapan
Microsoft Excel
Microsoft
Excel dapat
Langkah-langkah
membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1.
Buat Judul dan Sub Judul Laporan
Arahkan
kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR
NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian
ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan
diatas.
2. Penggunaan
alignment, format font dan format Cell
Untuk
membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1
kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar
judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.

Gambar
3
Agar
huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian
klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti
underline atau italic.
Selanjutnya
data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.
3.
Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft
Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti
memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol
format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel
seperti berikut ini.
Kita
juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak
menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada
Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara :

Gambar
4
Untuk
membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini
mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border
seperti pada tampilan dibawah ini.

Gambar
5
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.

Gambar
6
D. Macam-macam
formula
1. =SUM(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk
umum : =SUM(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan :
=SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk
umum : =COUNT(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang
berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk
umum : =MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel
yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk
umum : =MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang
berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk
umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11
sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar
argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk
umum : =ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari
sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan :
=ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak
boleh negatif
Bentuk
umum : =SQRT(range sel)
Penulisan :
= SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci
benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk
umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang
berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan
lulus atau gagal dengan ketentuan
sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar samadengan 60, maka
siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika
kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60,
maka GAGAL
Keterangan
:
Jika
kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di
sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya :
Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk
umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk
umum :=HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kiri
Bentuk
umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kanan
Bentuk
umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :Misal kita akan mengambil karakter yang ada
di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan
sejumlah karakter tertentu
Bentuk
umum :=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di
sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
1 komentar
Best Hotels near Casino Barangaroo, WV | Mapyro
BalasHapusFind hotels near 광주 출장안마 Casino Barangaroo in WV 통영 출장마사지 with Mapyro 구리 출장안마 location, 광주광역 출장마사지 reviews, ratings, latest pictures 부산광역 출장안마 and videos.